Teknologi VSC dan HSA Pada Mobil Toyota

Teknologi VSC dan HSA pada mobil Toyota. Faktor keselamatan dan keamanan pada saat berkendara merupakan hal yang menjadi fokus utama Toyota dalam mengeluarkan kendaraan terbaru nya. Negara – negara maju juga telah mengeluarkan peraturan mengenai fitur-fitur wajib yang ada pada kendaraan dalam mencegah terjadi nya kecelakaan – kecelakaan fatal di jalan raya. Salah satu teknologi terbaru Toyota dalam mencegah terjadi nya kecelakaan fatal tersebut adalah VSC ( Vehicle Stability Control) dan HSA ( Hill Start Assist).

Berikut akan saya jelaskan mengenai teknologi VSC dan HSA pada mobil Toyota.

Pengertian dan Cara Kerja VSC (Vehicle Stability Control)

safety_04

Fitur keamanan VSC (Vehicle Stability Control) merupakan fitur teknologi terbaru yang sudah banyak diterapkan oleh Toyota pada setiap kendaraan yang dikeluarkannya. VSC adalah salah satu fitur yang memiliki fungsi penting mendeteksi dan mencegah tergelincir nya mobil pada saat sedang melaju. VSC dapat mencegah roda selip dan hilang nya traksi dengan mengurangi tenaga mesin menerapkan gaya pengereman secara efektif pada setiap roda nya.

Fungsi utama VSC (Vehicle Stability Control) adalah mengontrol laju pengendaraan secara dengan cara selektif memberikan pengereman pada roda yang paling membutuhkannya ketika terjadi tergelincir nya mobil pada saat melaju.

Pada kendaraan dengan menggunakan penggerak roda depan maupun belakang suatu waktu kendaraan pasti pernah mengalami selip ketika kehilangan traksi serta keluar dari arah belokan pada saat menikung. Dengan teknologi VSC (Vehicle Stability Control)  secara otomatis akan mengurangi kekuatan mesin ketika roda depan atau belakang mengalami selip, dan kemudian sistem nya akan melakukan pengereman pada masing-masing roda yang membutuhkanya agar mobil tetap berjalan ke arah yang sesuai dengan jalurnya.

Itulah pengerian dan sistem kerja teknologi VSC (Vehicle Stability Control) pada mobil Toyota. Sehingga dengan fungsi dan manfaat tersebut dapat mengurangi resiko fatal kecelakaan tunggal s/d 56 % menurut penelitian yang dilakukan Insurance for Highway Safety (IIHS) Amerika Serikat.

Pengertian dan Cara Kerja HSA (Hill Start Assist)

teknologi vsc dan hsa pada mobil toyota

Teknologi HSA (Hill Start Assist) sekarang menjadi fitur wajib yang ada pada mobil Toyota kelas medium keatas. Pada awalnya teknologi HSA ini hanya disematkan pada mobil Toyota segmen high saja.

Fitur HSA (Hill Start Assist) merupakan fitur keselamatan yang berfokus pada sistem pengereman. Cara kerja fitur HSA ini adalah menahan mobil secara otomatis pada saat berada di tanjakan yang cukup tinggi >45′ sehingga pengemudi memiliki cukup waktu untuk memindahkan kaki dari pedal rem ke pedal gas dan menekan gas sebelum mobil terlepas dari kondisi pengereman. Sehingga dengan kondisi macet apapun pada saat di tanjakan mobil Toyota yang dilengkapi dengan fitur HSA (Hill Start Assist) tidak akan mundur dan dapat mengurangi penggunaan sistem rem tangan secara berlebihan.

Selain fitur HSA (Hill Start Assist) , mobil Toyota dengan jenis SUV dan Truck juga telah dilengkapi dengan fitur DAC (Downhill Assist Control) . Fitur DAC (Downhill Assist Control) ini akan membantu kendaraan yang melewati jalan curam dengan sistem kerja memberikan pengaturan berapa besar daya rem yang harus dikirimkan ke masing-masing roda. Sehingga pada saat melewati jalan yang curam mobil masih bisa berjalan stabil.

Fitur Downhill Assist Control Toyota

Itulah penjelasan mengenai teknologi VSC dan HSA pada mobil Toyota, agar bisa menjadi bahan referensi anda sebelum membeli kendaraan baru Toyota. Jika anda membutuhkan informasi lengkap seputar spesifikasi, harga dan promo Toyota khusus wilayah seluruh Riau khususnya di Pekanbaru silahkan hubungi saya :

MARKETING & SALES
HERI NURHADI, SE
0812 6832 0002 | 0823 8597 0000

PT. AGUNG AUTOMALL
Jl. DR. Sutomo No. 13
Pekanbaru 282143
Riau – Indonesia

Informasi lengkap mengenai harga kendaraan Toyota serta promo lengkap nya silahkan baca : Harga Toyota Pekanbaru Lengkap !!