Teknologi Dual VVT-i pada mobil Toyota merupakan pengembangan dari teknologi VVT-i yang telah digunakan pada mobil – mobil Toyota sebelumnya.

VVT-i merupakan singkatan dari (Variable Valve Timming With Intelligent) yang berfungsi untuk mengatur bukaan klep yang bervariasi. Besarnya bukaan klep tersebut dipengaruhi oleh kondisi mesin yang bekerja melalui pengaturan camshaft drive dan intake camshaft. Kinerja nya didukung oleh tekanan oli mesin yang diaplikasikan pada actuator untuk mengatur posisi camshaft. Posisi katup pada variable ini terletak di katup intake.

Pada saat RPM rendah bukaan katup akan kecil, yang tentu saja akan membuat pengeluaran BBM menjadi sedikit. Pada RPM tinggi, bukaan katup akan membesar sesuai dengan kebutuhan untuk menghasilkan tenaga yang besar. Dengan pengaturan waktu buka dan tutup sesuai dengan kondisi kebutuhan mesin maka tentu saja akan menghasilkan konsumsi BBM yang irit dan efisien.

SistemĀ  teknologi Dual VVT-i bekerja dengan menyempurnakan kinerja dari sistem VVT-i. Katup variable nya menjadi dua area yang disebut dengan katup intake dan katup exchaust. Mesin ini memiliki penyempurnaan pada intake manifold dan saluran gas buang. Dengan performa yang meningkat tapi emisi dapat ditekan dengan semaksimal mungkin.

mesin dual vvti toyota pekanbaru

Ketika mesin dalam kondisi hidup, pengaturan waktu bukaan klep intake dan exhaust bekerja secara penuh dan menyesuaikan dengan temperatur paling ideal pada mesin tersebut. Ketika suhu kerja mesin sudah dalam kondisi optimal, waktu bukaan tutup klep disesuaikan dengan putaran pada mesin.

HERI NURHADI, SE
0812 6832 0002 | 0823 8597 0000

MARKETING & SALES

PT. AGUNG AUTOMALL
Jl. DR. Sutomo No. 13
Pekanbaru 282143
Riau – Indonesia