PT Toyota Astra Motor (TAM) pertama kali meluncurkan teknologi Variable Nozzle Turbocharger (VNT) pada Fortuner lawas, mulai Agustus 2012. Ciri khasnya adalah, hood scoopy yang berfungsi sebagai intercooler yang posisinya membuat kap mesin agak menggelembung sedikit.

Tetapi, di All New Fortuner khususnya pada mesin diesel tidak lagi ada hood scoop. Ternyata, posisinya telah dipindahkan dari atas ke bagian depan.

Bukaan atau hood scoop di Fortuner VNT sebelumnya berfungsi untuk mengalirkan udara ke intercooler yang letaknya di atas mesin, sedangkan di model yang baru intercooler diletakkan di depan bersamaan dengan radiator.

Keunggulan Mesin Baru All New Toyota Fortuner 

Generasi sebelum Fortuner All New 2016 menggunakan mesin dengan kode KD, sedangkan di model terbaru ini menggunakan kode mesin GD . Keunggulan mesin tersebut adalah efisiensi pembakaran jauh lebih baik, sehingga tenaga yang didapat menjadi besar, tetapi bahan bakar dibuat lebih irit.

Bicara mengenai bahan bakar, angka konsumsinya tergantung dari kondisi pengendara dan jalan. Berdasarkan pengujian internal, All New Fortuner diklaim lebih irit 17 persen ketimbang generasi sebelumnya. Terutama karena transmisi manual dan otomatis nya enam percepatan dan torsi mesin yang lebih tinggi.

Fortuner generasi kedua ini menggendong mesin bensin 2.7-liter Dual VVT-i. Sedangkan diesel menggunakan mesin 2.4 liter VNT Intercooler.

Untuk info lebih lengkap mengenai spesifikasi dan harga All New Fortuner di Pekanbaru-Riau silahkan menghubungi saya,

HERI NURHADI, SE
0812 6832 0002 | 0823 8597 0000

PT. AGUNG AUTOMALL
Jl. DR. Sutomo No. 13
Pekanbaru 28143
Riau – Indonesia

Sumber : KompasOtomotif