Toyota memasang mesin diesel baru bertipe 2 GD FTV yang berkapasitas 2.393 cc untuk salah satu varian All New Kijang Innova. Mesin ini menyuguhkan sejumlah keunggulan bagi Kijang Innova generasi terbaru. Apa saja ?

Yang pasti, tenaga yang dihasilkan lebih besar yakni sekitar 149 hp dan torsi sekitar 360 Nm. Selain itu, tenaga yang dihasilkan terus terasa meski di putaran mesin yang masih rendah sampai putaran tinggi. Artinya tidak ada turbo lag.”Papar General Repair Service Manager Workshop Department Technical service Division PT Toyota Astra Motor, Iwan Abdurraman, di Singaraja, bali.

Mesin ini menggunakan teknologi Thermo Swing Wall Insulation Technology (TSWIN) yang dipadu dengan aplikasi (SiRPA) di piston. Bentuk port dibuat sedemikian rupa sehingga pasokan udara ke silinder lebih maksimal.

Terlebih, Toyota juga membuat bentuk ruang bakar dan sistem injeksi common rail sedemikian rupa sehingga mengoptimalkan semburan bahan bakar ke dalam ruang bakar.

Hasilnya, semburan bahan bakar benar- benar akurat dan asupan bahan bakar maksimal. Ujung-ujungnya, proses pembakaran lebih sempurna dan efek negatif saat proses pembakaran dimesin, bisa dikurangi hinga 30 persen. efisiensi termal juga meningkat sekitar 44 persen. Bahkan dengan proses pembakaran yang sempurna itu pula, maka entakan torsi secara umum dari mesin juga naik 25 persen.

Peningkatan sodokan torsi itu tak hanya di saat putaran mesin tinggi saja, tetapi juga di saat putaran mesin rendah. walhasil, selain tak mengalami turbo lag alias tenaga besar tetap terjaga di puataran mesin rendah maupun atas, konsumsi bahan bakar pun irit. Dan ini merupakan keunggulan yang sangat diinginkan konsumen.

Mesin-Diesel-Toyota-All-New-Kijang-Innova-2016

*sumber detikOto